Rabu, 07 Juni 2023

REVIEW : Perhiasan Emas Asli

Yang suka perhiasan angkat tangan 🤚🏻

Mayoritas pasti suka lah ya, kali ini kita akan bahas jenis perhiasan yang ada di toko emas asli. Bukannya sombong, untuk kulit sensitif, perhiasan emas & monel ga bikin iritasi. Trust me, uda dicoba berkali-kali memang perak/perhiasan lapis emas bikin iritasi, kadang bruntusan kaya jerawat, kadang luka mirip melepuh. Nah sebelum membeli emas, ada baiknya kita perlu tau nih apa aja yang mempengaruhi harga emas,biar ga ketipu atau kaget pas bayarnya. Harga emas ditentukan oleh banyak faktor :

1. Jenis emas

Ada white gold, gold, rose gold dan blackgold yang terbaru. White gold dan platina beda ya, dia dari emas kuning juga tapi di coating emas putih. Rose gold ini agak kemerahan, harganya lebih mahal dari emas kuning. Yang terakhir black gold harganya sama dengan white gold. Jadi white gold = black gold - rose gold - gold. Harga tiap perhiasan bisa berbeda karena jumlah permata dan jenis permata.

2. Kadar

Ada yang berkadar persenan dan karat, intinya sama sih. 750 atau 75% maksudnya 17-18 karat, 375 atau 37.5% maksudnya 8-9 karat. Setiap toko punya ketentuan sendiri. Ada juga yang nakal dan menjual karat rendah dengan harga karat tinggi. Jumlah karat ini menentukan campuran dari emas. Kalau 750 berarti 250 nya campuran logam lain. Ada juga emas 99% kadarnya 24 karat.

3. Jenis permata

Gambar dibawah adalah diamond kualitas rendah, garansi dari toko kalau hilang akan diganti (berarti harganya murah kan ya wkwkwk). Ada juga kristal swarovski, intan, permata dari batu alam, dan diamond yang tersertifikasi. Untuk diamond yang bersertifikat harganya paling mahal.

4. Buy back

Beberapa toko memberikan jaminan buy back dipotong 5% atau 10%. Jadi misal kita mau jual cincin harga 1jt dibeli oleh toko 950rb dengan surat pembelian asli ya. Kecuali kalau beratnya berkurang akibat pemakaian (biasa cincin sering berkurang beratnya karena digunakan aktivitas) atau rusak. Perhiasan yang rusak akan di servis atau dilebur kembali sehingga potongan untuk kita konsumen lebih banyak.

750 white gold
White gold 750
Yellow gold ukuran 14, 8 karat
*biasa di cincin ada untuk memudahkan penjual






Perusahaan yg memproduksi biasanya menggunakan label tersendiri
Kadang ada grafir berat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar