Sabtu, 03 Juni 2023

ACNE JOURNEY

Sebagai acne fighter,ngerti banget sih perasaan orang2 yang uda berusaha tapi jerawat ga sembuh-sembuh. Cuma mau berbagi pengalaman aja sama muka acne prone oily ini.

1. Higiene. Awalnya dulu belum ngerti bersihin muka,dikira pakai facial wash udah bersih ya,ternyata tidak shay. Perlu pakai pembersih sebelumnya. Kalo jaman emak2 kita milk cleanser sama astringent/toner. Tapi sekarang istilah toner biasa buat pelembab/eksfoliasi setelah cuci muka pake sabun. Dan beneran ada perubahan,ternyata biang kerok jerawat ini gara2 pori tersumbat. Diusahakan rambut,seprei,selimut dan semua barang yang berpotensi kontak sama muka harus bersih,termasuk handuk juga.

2. Kebiasaan makan yang amburadul. Cilok,cireng,mie,seblak,boba,thai tea,goreng2 dan temannya ini bisa ngaruh ke jerawat juga. Jadi istilahnya "tubuh butuh nutrisi,ngga cuma kalori". Boleh lah sekali2 tapi jangan tiap hari juga, selain bikin gula darah naik tiba2,bisa bikin kantong kering juga hehe. Kadar gula ini bisa bikin inflamasi,jadi jerawat membengkak gitu, bisa di atasi pake pola makan yang bener. Low sugar dulu lah beberapa hari biar jerawat ngga makin ngamuk

3. Hormonal. Efek hormonal ini ngefeknya ke produksi minyak berlebih - pori tersumbat - jerawat lagi deh.

4. Stres. Ini kaitannya balik lagi ke produksi minyak.

5. Ga cocok skincare/ makeup. Sesuatu yang dipaksakan selalu berakhir ga baik,kalau ga cocok ya ga cocok,ga bisa dicocok cocokin #ehem. Ada beberapa bahan yang ngga cocok untuk kulit tertentu, sama seperti alergi. Misal si A bersin kalau kena debu tapi si B biasa aja, sama kaya kulit. Mineral oil mungkin bagus buat dry skin tapi beberapa oily skin ga cocok. Sunscreen juga gitu. Tidak ada istilah purging, untuk produk yang punya efek eksfoliasi/anti aging memang reaksinya mengelupas kulit. Jerawat yang awalnya ketimbun lama-lama naik, ini berlaku buat bagian yang biasa ada jerawat tumbuh ya.

6. Efek samping obat. Bisa antibiotik, steroid dan pengobatan jangka panjang.

Cara yang tepat buat mengobati jerawat adalah ke ahlinya. Kalau dirasa udah mengganggu banget ya perlu pertolongan orang yang certified tentang jerawat. Skincare yang diluaran sana membantu sih,untuk kasus jerawat karena ga cocok sama produk skincare/makeup.

Semakin lama menunda perawatan,semakin jerawat tumbuh di tempat yang sama,semakin dalam bekas jerawat/scar nya,semakin mahal biaya untuk balikin tekstur kulitnya juga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar